Menggunakan Blade Templates pada Laravel 5

Saat pertama kali mengenal framework laravel saya sudah sering menggunakan php scripting language tanpa menggunakan framework dan sempat juga menggunakan framework code igniter, salah satu hal baru yang saya temui dalam laravel ini adalah blade template, bagaimana cara menggunakan blade templates pada laravel 5 ini fikir saya pertama kalinya.

Apa itu blade laravel ? blade adalah template engine bawaan dari laravel, sebenarnya hal itu juga sering kita lakukan oleh para programmer php yang sering menggunakan framework ataupun tidak, kita mempunyai halaman html statis yang kita manipulasi dengan mengisikan dengan kode-kode php sehingga dia menjadi halaman yang dinamis, nah prinsipnya kerja nya sama dengan file blade laravel tadi tetapi lebih dipermudah dengan syntax pada laravel tersebut , lain halnya jika ada sudah pernah menggunakan dan pernah mempelajari seperti  twig , smarty ,dwoo.Tentu hal semacam blade laravel ini bukan menjadi hal baru.

Saya akan mencoba untuk menyampaikan contoh penggunaan blade yang sederhana saja yang pernah saya gunakan sebagai pemula dalam mempelajari laravel ini.

Pada dasar nya konten file blade adalah html code css dan javascript, file blade kita akan temukan dalam folder  resources\views kalau anda sudah bisa memahami konsep mvc maka file blade adalah component view nya. Dalam penulisan nama filenya akan menjadi namafile.blade.php tetapi dalam eksekusi nya tidak perlu peryertaan blade cukup nama filenya nya saja.


File yang di eksekusi pada gambar di atas adalah mod_user.blade.php  sedangkan module adalah nama foldernya.


Contoh Penggunaan if dalam blade laravel, CheckRole pada gambar di bawah ini adalah sebuah fungsi umum yang saya buat pada helper.php :


Contoh memanggil sebuah fungsi buatan pada blade laravel :


dua fungsi pada  gambar di atas adalah fungsi buatan yang di simpan dalam file helper.


Menyertakan sumber file css dan javascript dalam blade laravel:




Semoga bermanfaat.












Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat toko online dengan menggunakan laravel

Bagaimana cara menggunakan ajax di laravel 5

Bagaimana cara menghapus public di laravel 5