Bagaimana cara menghapus public di laravel 5

Kalau kita perhatikan saat mengakses aplikasi berbasis laravel framework pertama kali saat membuat nya maka urlnya kalau di local development menjadi http://localhost/nama site/public/ nah bagi kita yang ingin mengakses url nya hanya dengan nama site nya artinya ingin mengaksesnya tanpa mengetikan /public/ sebenarnya dapat saja di lakukan, berikut bagaimana cara menghapus public di laravel 5 dibawah ini.

Kalau kita googling maka banyak cara-cara untuk melakukan itu yang di sampaikan oleh para mastah eh master laravel dan banyak juga di sampaikan di forum-forum programmer php, yang intinya merubah lokasi folder pada file index.php yang ada di folder public.

require __DIR__.'/../bootstrap/autoload.php';
$app = require_once __DIR__.'/../bootstrap/app.php';

../ dapat di ganti dengan membuat sebuah folder baru untuk mengelompokan engine framework laravel (supaya rapih saja keliatan nya) atau di hilangkan juga boleh jika tidak ingin membuat folder baru. oke saya disini ingin mencoba dengan membuat sebuah folder baru, nama folder boleh bebas. pada contoh ini saya namakan folder baru nya adalah aplikasi. 
  • Pindahkan semua files dan folder di aplikasi laravel anda kedalam folder aplikasi. kemudian pindahkan .htaccess, index.php nya dan keluarkan dari folder public  folder js serta folder css jika anda telah mengaktifkan fungsi  authen ( login php laravel ) bawaan laravel, kalau yang menggunakan iis php seperti saya maka keluarkan juga file web.config nya
Sebelum :
Sesudah :


Selanjutnya edit file index.php nya menjadi  :

require __DIR__.'/aplikasiku/bootstrap/autoload.php';
$app = require_once __DIR__.'/aplikasiku/bootstrap/app.php';

Ingat aplikasiku adalah nama folder baru tadi untuk nama folder nya dapat kita ganti dengan yang lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk cara yang tanpa membuat folder yang baru juga sama  intinya cukup hilangkan ../ tadi dan taruh file index.php dan .htaccess di root folder nya. jika sudah maka silahkan refresh browser nya. dan hapus chance browser jika belum terjadi perubahan.

jika benar maka hasilnya akan seperti dibawah ini :



halaman login dan registernya:




Semoga bermanfaat.










Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat toko online dengan menggunakan laravel

Bagaimana cara menggunakan ajax di laravel 5