Cara membuat login php laravel framework

Login form dalam suatu aplikasi adalah suatu hal yang utama dan pertama kali dengan  login form tersebut user aplikasi dapat menggunakan aplikasi yang kita buat, dan pada saat login tentunya  terdapat logika user rights dan seterusnya. Pada laravel sudah terdapat fitur bawaan untuk hal tersebut dan kita dapat menggunakan atau memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan, berikut  dibawah ini saya coba membahas bagimana caranya membuat login php laravel framework.

Setelah kita create new application  pada laravel dengan menggunakan perintah pada composer : 
    
     composer create-project laravel/laravel laravelapp --prefer-dist

Atau bisa ada membaca pada tulisan saya di blog ini  Belajar laravel 5 untuk pemula. Selanjutnya akan menampilkan hasil seperti gambar dibawah ini :

Berikutnya adalah kita akan mengaktifkan fitur authen pada laravel, sebelum  itu buka dahulu file .env kita untuk mengkonfigurasi koneksi kedalam database.

Saya pada contoh ini adalah menggunakan database mysql  dengan membuat sebuah database bernama db_testing seperti gambar dibawah ini



Berikutnya buka file .env isikan userid db dan passwordnya sesuai dengan user dan id password db kita masing-masing :).



Selanjutnya aktifkan fungsi authen pada laravel dengan  perintah :

           php artisan make:auth


Anda dapat mempelajari lebih lanjut dokumentasi perintah ini pada halaman berikut  : https://laravel.com/docs/5.5/authentication

Jika authen nya tergenerate sukses, maka selanjunya adalah meng create tabel usernya, ini kita lakukan dengan mengeksekusi perintah :

php artisan migrate

Anda dapat mempelajari nya lebih lanjut pada halaman berikut : https://laravel.com/docs/5.5/migrations 

Jika saat menjalan perintah tersebut terdapat warning kesalahan seperti gambar di bawah ini :


Maka solusinya adalah dengan  merubah informasi database pada file config\datasbe.php yaitu pada bagian charset dan collation

'charset' => 'utf8mb4',   Ganti Menjadi   charset' => 'utf8',
'collation' => 'utf8mb4_unicode_ci',   Ganti menjadi  'collation' => 'utf8_unicode_ci',


 Menjadi :




Tapi sebelumnya hapus dulu table yang sudah ke generate tadi ya. Tetapi jika anda sudah membaca sampai bagian ini maka baiknya sebelum lakukan perintah php artisan migrate tadi, baiknya rubah dulu di file .env nya sesuaikan seperti gambar diatas. Jika tidak mau muncul error message tadi. 

Jika proses php artisan migrate nya benar maka akan muncul pesan seperti di bawah ini:


Oke, semua telah tergenerate  dengan benar maka jika kita mengakses aplikasi kita akan ada 2 link halaman baru di aplikasi kita serta akan ada page controller dan otomati akan membuat view laravel  baru pada aplikasi kita juga.




Login Page :



Register Page :

Page Controller :

Page View nya :


Demikianlah anda dapat mengeksplore dan mempelajarinya lebih lanjut fitur-fitur dan logika didalam nya, serta dapat memodifikasi nya sesuai dengan kebutuhan, pada bahasan selanjutnya nanti saya akan coba sampaikan juga bagaimana memodifikasi halaman login ini dengan model authen menggunakan active directory.

Demkian, semoga bermanfaat.





















Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat toko online dengan menggunakan laravel

Bagaimana cara menggunakan ajax di laravel 5

Bagaimana cara menghapus public di laravel 5